MA. DARUN NAJAH

JL. KH. Musthofa No. 5 Petahunan - Sumbersuko - Lumajang

.:: MOTTO ::.
MA. DARUN NAJAH - HEBAT DALAM BERAKSI, UNGGUL DALAM KREASI
Definisi PAT

Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah penilaian yang dilakukan di akhir tahun ajaran, yakni semester genap. Para pendidik di satuan pendidikan melakukan penilaian ini untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada akhir semester genap. Selain itu mereka juga sering mengartikan Penilaian ini sebagai kegiatan penilaian yang dilakukan secara rutin oleh sekolah setiap akhir tahun ajaran semester genap. 

Sebagian yang lain, ada juga yang menyebut PAT dengan istilah Ujian Kenaikan Kelas. Alasannya karena hasil dari penilaian ini dapat menentukan apakah siswa bisa menyelesaikan tugas KBM dengan baik atau tidak. Atau dengan istilah lain sebagai penentu naik kelas atau tidak.

Agak berbeda dengan beberapa pihak yang mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda penutup KBM. Pasalnya, rangkaian kegiatan dalam KBM selama satu tahun ajaran, berakhir dengan kegiatan penilaian ini. Meski teknisnya serupa dengan penilaian akhir semester, akan tetapi kualitas dan rasanya sangat berbeda. Sehingga tak heran jika disebut Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Teknis PAT di MA. Darun Najah

MA. Darun Najah menggelar PAT mulai Hari Senin 27 Mei – 3 Juni 2024. Pesertanya adalah seluruh siswa kelas X sampai Kelas XI di semua Jurusan. Panitia menempatkan peserta ujian secara acak guna meminimalisir adanya kecurangan yang terjadi selama ujian berlangsung. Idealnya, satu ruangan ujian terdiri dari seluruh siswa dari berbagai tingkat dan jurusan. Kecuali kelas X Putra yang tetap berkumpul dalam satu ruangan yang sama.

Siswa yang ikut PAT tahun ini berjumlah 112 siswa yang terdiri dari 13 putra dan 99 putri. Panitia PAT mengelompokkan sejumlah siswa tersebut ke dalam 6 ruang ujian. Rata-rata tiap ruangan berjumlah maksimal 20 anak, kecuali anak putra.

Selama ujian berlangsung, seluruh siswa antusias dalam mengerjakan soal-soal PAT yang mereka terima. Mereka memiliki waktu 60 menit dalam mengerjakan soal setiap mapelnya. Bentuk soal berupa pilihan ganda tunggal, pilihan ganda kompleks, soal benar salah dan soal menjodohkan. Berdasarkan jurusan peminatan mereka masing-masing, mereka mengerjakan 3 mapel setiap harinya.

Harapannya, seluruh siswa mengerjakan PAT dengan jujur dan kondusif, hasilnya bisa menjadi instrumen untuk mengukur kemampuan dan pemahaman mereka. Sehingga para pendidik dengan mudah memberikan penilaian dari hasil belajar siswa. Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tertib. Aamiin.